10 makanan dan minuman termahal di dunia


(Istimewa)
Di dunia ini, ada banyak sekali aneka ragam makanan dan minuman yang istimewa, bukan hanya dari rasa tapi juga harganya,

1. Saffron
Termasuk bumbu dapur yang cukup populer di dunia. Saffron, terbuat dari bunga saffron yang sudah berwarna kuning kemerahan. Ada yang dijual dalam bentuk bunga kering, adapula yang masih basah (baru saja dipetik). Keduanyapun dipatok dengan harga yang cukup mahal, untuk sekilo bunga saffron saja, harganya bisa mencapai USS$1.100 hingga US$11.000, seperti dikutip dari wackyarchives.

2. Kacang Macadamia
Ada pula kacang yang rasanya sangat gurih dan lezat, yang kita kenal sebagai kacang macadamia. Kacang ini dikenal sebagai kacang termahal, karena pohon macadamia hanya akan menghasilkan kacang tersebut setelah 7 - 10 tahun masa tanam. Dan, pohonpun harus ditanam di atas tanah yang sangat subur, dengan curah hujan yang tinggi. Bentuknya yang mirip dengan kemiri, membuat kita terkadang salah sangka, apakah ini termasuk bumbu dapur ya?

Tentu tidak, kacang ini bisa dikonsumsi sebagai camilan sehat dan mengenyangkan karena mengandung 80% minyak dan 4% gula.

3. Caviar
Dan sesungguhnya caviar hitam bukanlah caviar termahal di dunia, karena harga almas caviar mengalahkan caviar hitam. Nama almas diambil dari bahasa Iran yang artinya berlian, caviar ini dihasilkan oleh ikan Beluga yang usianya lebih dari 100 tahun. Bisa dibayangkan betapa istimewanya caviar jenis ini kan? Kabarnya, harga caviar almas ini mencapai 50 juta rupiah per kilonya. Amazing!

4. Jamur truffle putih
Masih ingat adegan film NO RESERVATION yang diperankan oleh Catherine Zeta-Jone dan Aaron Eckhart? Dalam film tersebut diceritakan bahwa koki terbaik akan memesan jamur-jamur truffle putih secara khusus sebagai bahan hidangan berkualitas. Jamur ini tak dapat ditemukan sembarangan di pasar, kualitas kelezatannya sangat jauh berbeda dari jamur biasa. Tak heran apabila harganya bisa mencapai US$330.000 untuk jamur berukuran 1,5 kilo.

5. Kentang La Bonnotte
Adalah jenis kentang termahal di dunia asal Prancis. Para petani kentang tersebut sangat memperhatikan kualitas kentang sejak masa tanamnya. Bahkan, kentang ini hanya boleh dipupuk dengan pupuk khusus yang terbuat dari rumput laut agar rasanya tetap lezat.

6. Daging Sapi WagyuSebagian dari Anda mungkin sempat mendengar daging wagyu yang harganya sangat istimewa ini. Dan benar saja, daging sapi yang diberi makan rumput terbaik dan ditreatment dengan pijatan khusus setiap hari ini merogoh kocek para penikmatnya dengan cukup dalam. Untuk 200 gram fillet daging sapi wagyu saja, harganya bisa berkisar lebih dari US$100.

7. Pizza termahal
Ada juga pizza termahal di dunia, dengan diameter 20 cm dan topping caviar serta lobster yang banyak di atasnya. Istimewanya, Anda hanya bisa menemukan pizza jenis ini di Italia.

8. Omelet termahal di dunia
Dari sajian bahan dasar telur, omelet ini merupakan omelet termahal di dunia. Hanya bisa ditemukan di Le Parker Meredien restaurant, New York, omelet ini dibandrol dengan harga US$1.000 per sajiannya. Bahan dasarnya terbuat dari 6 butir telur yang dimasak secara istimewa bertaburkan toping caviar sevruga dan sebuah lobster utuh, tak heran bila harganya melambung tinggi, bukan?

9. Cokelat truffle

Anda pecinta cokelat mungkin akan berpikir dua kali untuk memakan cokelat ini. Diberi nama chocopologie oleh seorang bernama Knipschildt, cokelat truffle handmade ini dijual US$2.600 per 250 kilogramnya. Letak keistimewaannya ada pada bahan kakaonya, yang terbuat dari Valrhona cacao 70%.

10. Teh termahal, Tieguanyin
Nah, inilah teh termahal di dunia yang dikenal dengan nama Tieguantin. Teh ini merupakan jenis teh langka yang saat diseduh per cangkirnya dihargai 150 ribu rupiah.

Aromanya sangat istimewa dan berbeda dari jenis oolong tea lainnya. Adalah proses pembuatannya yang sangat rumitlah yang membuat teh ini sangat mahal harganya. Dan, tak sembarang orang bisa membuat teh ini sekalipun telah diberi tahu prosesnya lho.

Hingga saat ini, tak banyak orang yang tahu proses dan cara pembuatannya, sehingga teh ini selalu menjadi teh langka yang mahal dan berkualitas.