Serba-serbi Kopi Berkualitas

MINUM secangkir kopi hangat tentu melegakan dan membuat badan menjadi segar. Selain bisa mencium aroma yang sangat harum dan mengetahui kenikmatannya dari kopi, Anda juga perlu tahu tips dan trik memilih kopi berkualitas.
Salah meracik kopi, rasanya tentu menjadi tidak karuan dan Anda jadi malas meminumnya. Agar tidak salah racik, simak serba-serba memilih kopi berkualitas.
Beli biji kopi terbaik
Untuk menikmati kopi, pertimbangan paling utama terletak pada poin pemilihan biji kopi. Kopi enak terletak pada biji kopinya, apalagi saat Anda memilih untuk memanggang kopi sendiri, Anda akan lebih mengetahui aroma kopi enak.
Kalau Anda tidak mau memanggang kopi, usahakan membeli dalam bentuk bubuk. Ada baiknya tidak membeli kopi yang terdapat bahan pengawet, atau sama saja Anda minum kopi bersama bahan kimia. Untuk mengetahui kopi bubuk berkualitas, buka kemasannya lalu cium apakah aromanya tajam, sebagai pertanda kopi enak.
Teknik penyimpanan kopi
Cara ini sering kali salah dilakukan oleh kebanyakan orang. Kebanyakan orang mengganggap sepele cara penyimpanan kopi; hanya digulung bagian yang telah dibuka lalu diikat dengan karet. Cara seperti ini sama saja Anda membuang aroma serta cita rasa kopi. Boleh saja cara ini Anda lakukan, tetapi jangan lupa untuk menyimpannya dalam tempat kedap udara agar aroma kopi tetap terjaga.
Setelah Anda taruh dalam tempat kedap udara, suhu penyimpanan juga harus diperhatikan. Simpanlah kopi pada suhu yang pas, jangan ditaruh ke dalam kulkas, sama saja Anda membunuh aroma dan cita rasanya.
Kualitas kopi
Di dunia, terdapat dua jenis kopi yaitu arabika dan robusta. Pilihannya tergantung pada selera; bila Anda penyuka kopi arabika, maka Anda tinggal membeli kopi arabika.
Giling sendiri
Sebagai penyuka kopi, Anda pasti lebih memilih untuk meracik kopi sendiri dari bubuk kopi murni. Namun bila ingin membelinya di gerai kopi, Anda tetap bisa meminta pelayan untuk menggiling biji kopi di depan Anda agar bisa melihat langsung prosesnya. Cara inilah yang dilakukan banyak gerai kopi di seluruh dunia demi menjaga kualitas kopi yang digunakan dan bisa diketahui konsumen.






sumber: http://gayahidup.plasa.msn.com/kesehatan/makanan-sehat/okezone/article.aspx?cp-documentid=5723022