Perbedaan anatara Gnome dan Kde

      Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang perbedaan antara gnome dan kde, ada baikknya kita mengetahui tentang apa itu gnome. Menurut wikepedia "GNOME adalah lingkungan desktop dan antarmuka grafik pengguna yang berjalan di atas sistem operasi. GNOME secara keseluruhan terdiri dari perangkat lunak bebas dan gratis. GNOME merupakan proyek internasional untuk menciptakan kerangka, aplikasi perangkat lunak untuk desktop, dan juga untuk mengatur peluncuran, penanganan file dan manajemen tugas jendela (window)." sedangkan kde menurut wikepedia adalah "KDE (K Desktop Environment) adalah lingkungan desktop (desktop environment) dan platform pengembangan aplikasi yang dibangun dengan toolkit Qt dari Trolltech. KDE dapat ditemui pada berbagai sistem Unix, termasuk LinuxBSD, dan Solaris. KDE juga tersedia untuk Mac OS X dengan bantuan lapisan X11 dan untuk Microsoft Windows dengan bantuan Cygwin."


 Setelah mengetahui tentang apa itu gnome dan apa itu kde, sekarang kita akan membahas tentang perbedaan antara gnome dan kde. Perbedaan paling mencolok anatara kde dan gnome adalah sebagai berikut :



  • KDE berorientasi pada tampilan grafis sehingga tampilannya lebih cantik daripada GNOME yang tidak terlalu “menaruh perhatian besar pada tampilan walaupun juga tidak mengabaikannya sama sekali.
  • GNOME lebih irit memori daripada KDE, sehingga performa GNOME relatif lebih cepat daripada KDE (ini mungkin krn GNOME tidak berorientasi pada grafis tetapi lebih kepada penghematan memori).
     Persamaan antara gnome dan Kde adalah sebagai baju atau tampilan untuk sebuah sistem operasi lnux ataupun lainnya.

Contoh sistem operasi yang menggunakan kde sebagai lingkungan dekstop nya adalah kubuntu .
berikut gambarnya : 


Dan contoh sistem operasi yang menggunakan gnome sebagai lingkungan dekstop nya adalah opensuse
berikut adalah tampilannya.
File:OpenSUSE 12.1 GNOME in action.png